Jumat, 03 Juni 2011

Membangun Taman Hijau Untuk Bermain Anak

Taman di dalam rumah atau di sekitar rumah adalah salah satu hal penting yang harus kita perhatikan juga, karena taman dapat menciptakan suasana segar, sejuk dan kenyamanan di sekitar rumah. Taman juga dapat membantu keseimbangan lingkungan sekitar dan membantu dalam mewujudkan kegiatan go green yang akhir – akhir ini harus kita galakan lagi sehingga bumi kita dan udara yang ada semakin bersih dan sejuk, kenapa saya bilang seperti itu karena menurut saya kegiatan – kegiatan go green akhir – akhir sudah berkurang dan tidak berjalan dengan contiuous, nah untuk itu pembangunan taman rumah harus kita galakan untuk mendukung kegiatan go green tersebut, berikut kutipan dan tips yang saya peroleh dari website rumah dan
properti :

Menyiapkan Lahan
Kegiatan ini meliputi pekerjaan penggalian dan pembalikan tanah, pengurukan, penggemburan, dan pemberian pupuk atau penambahan unsur hara dalam tanah. Selain untuk mempersipakan lahan tanam yang siap ditanami dan memiliki kontur yang sesuai harapan kita, proses ini juga membebaskan lahan dari gulma yang akan mengganggu pertumbuhan tanaman nantinya.

Membuat Konstruksi Taman

Dalam proses ini perencanaan dan pembuatan jalan setapak dilakukan. Elemen ini penting untuk jalur sirkulasi di taman sehingga segala aktivitas di taman yang dilakukan kemudian hari tidak mengganggu keberlangsungan tumbuhnya tanaman dan elemen lainnya. Sesuai dengan luasnya taman, desain dan material jalan setapak bisa dibuat dalam berbagai pilihan untuk membuat konstruksi taman sebaiknya mintalah bantuan dari Konsultan arsitek agar taman Anda dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan keinginan Anda.

Menentukan Elemen Keras Taman (Hardscape)
Yang termasuk dalam elemen keras taman adalah aneka pot, bebatuan, lampu, dan aksesori lain yang akan dipakai sebagai pelengkap taman, baik yang berperan fungsional maupun estetis.

Elemen Lunak Taman (Softscape)

Aneka jenis tanaman, pilihannya direncanakan di proses ini. Hal yang dipertimbangkan menyangkut masalah jenis tanaman (perdu, semak, dan pelindung). Tentang wama (bunga maupun daun) jugs menjadi hal yang harus diperhatikan karena menentukan kesemarakan taman yang tercipta dan harmonisasi wama yang ada.

Penanaman dan Peletakar Hardscape
Melakukan penanaman tanaman dimulai dari jenis tanaman pelindung (yang tinggi) dan seterusnya adalah tanaman yang lebih rendah sampai ke tanaman penutup tanah. Penyebaran batu koral, kerikil, step stone, dan pemasangan lampu taman dan aksesori lain dilakukan setelah penanaman sebaiknya untuk hal ini Anda bisa berkonsultasi kepada Konsultan arsitek yang sudah Anda tunjuk untuk pembangunan taman pada rumah idaman Anda.

Pembersihan Lahan
Kegiatan pembersihan sampai sisa hasil pengerjaan taman. Setelah taman bersih dari sampah sisa, baru dilakukan penyiraman secukupnya. Dan selanjutnya dilakukan perawatan rutin seperti pemangkasan dan penyiraman yang teratur.
Kita ciptakan taman rumah dengan ide, konsep dan desain kita sendiri serta mari terus galakan program go green dan buat bumi kita semakin hijau, sejuk serta tidak ada lagi musibah atau bencana alam.

http://cepatefektif.wordpress.com/2010/10/18/membangun-taman-hijau-untuk-bermain-anak/

0 komentar:

Posting Komentar